Jasa pembuatan kartu identitas, kartu pelajar, kartu pegawai, kartu Rumah Sakit, kartu RFID, kartu UHF, pin, mug, Goodie Bag, kaos berkualitas dan murah di Bandung

Rabu, 12 April 2017

PENGERTIAN DAN KEGUNAAN KARTU ATM....!!!!

Siapa yang tidak mengetahui kartu ATM...Kartu ATM merupakan salah satu jenis kartu plastik yang barangkali paling banyak dikeluarkan oleh lembaga perbankan dan paling banyak dipergunakan. Boleh dibilang setiap nasabah bank yang memiliki tabungan pasti mempergunakan atau membutuhkan kartu ini. Apa sebenarnya kartu ATM itu? Apa fungsi kegunaan dan manfaatnya?  Berikut di bawah ini adalah penjelasan singkatnya.

Pengertian Kartu ATM

ATM adalah kepanjangan dari Automatic Teller Machine. Secara harfiah: automatic berbicara otomatis, teller adalah petugas perbankan yang berada di lini depan melayani nasabah dalam urusan setor uang (deposit) dan tarik dana (withdraw), sedangkan machine adalah mesin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ATM adalah sebuah mesin yang secara otomatis dapat bekerja menggantikan peran dari teller yang sering kita jumpai di bank. Dengan adanya mesin-mesin ATM seperti ini, kita tidak perlu lagi antri di depan teller setiap membutuhkan jasa perbankan. Cukup datang ke sebuah loket yang menyediakan mesin ATM dan biasanya lokasinya ada di setiap cabang bank itu sendiri atau di tempat-tempat yang ramai dan strategis seperti lobby hotel, mal, perkantoran, dst. Dapat disimpulkan kartu ATM adalah kartu-kartu yang diterbitkan bank untuk dapat dipergunakan di mesin-mesin ATM yang ada.

Pada awalnya mesin ATM hanya memiliki fasilitas menarik uang tunai. Jadi kartu ATM adalah kartu yang dipergunakan untuk menarik uang tunai lewat mesin ATM. Seiring kemajuan zaman, perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia, menu-menu ATM pun semakin diperbanyak sehingga bisa membayar tagihan, transfer uang, membeli produk dan jasa (pulsa, token listrik, reksadana, dsb.). Perkembangan lebih lanjut adalah hadirnya mesin-mesin ATM yang juga bisa setor uang secara langsung. Biasanya bisa kita jumpai di mesin-mesin ATM milik Bank BCA.

Pada saat Bank Mandiri mulai beroperasi di Indonesia (hasil penggabungan beberapa bank milik pemerintah akibat efek carut marut dunia perbankan dan kasus korupsi), Bank Mandiri mempopulerkan sebuah istilah baru yakni "Anjungan Tunai Mandiri" yang memang pas dengan kepanjangan dari ATM. Kata "mandiri" itu sendiri diambil dari nama Bank Mandiri. Dengan demikian ada penambahan arti kartu ATM yang bisa menjadi kartu anjungan tunai mandiri. Fungsinya memang bisa menarik tunai oleh diri kita sendiri. Sedangkan anjungan itu berarti semacam lokasi, tempat atau sarana. 

Dapat kita simpulkan bahwa kartu ATM adalah kartu plastik yang diciptakan untuk memudahkan nasabah mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM terdekat. Setiap pengambilan uang tunai secara otomatis akan mengurangi saldo tabungan itu sendiri.
OFFICE : RUKO ROYAL CASABLANCA R2 CIPAMOKOLAN KELURAHAN CIPAMOKOLAN KECAMATAN RANCASARI BANDUNG
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin
My Ping in TotalPing.com