Jasa pembuatan kartu identitas, kartu pelajar, kartu pegawai, kartu Rumah Sakit, kartu RFID, kartu UHF, pin, mug, Goodie Bag, kaos berkualitas dan murah di Bandung

Kamis, 23 Februari 2017

9 MACAM MEDIA CETAK YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT....!!!!


Siapa yang tidak tahu apa itu Media Cetak, kali ini admin akan berbagi informasi jenis jenis media cetak yang berkembang di masyarakat. Media cetak sebagai bagian dari media massa ternyata memiliki banyak jenis. Meskipun media ini diramalkan akan punah, khususnya koran, pada tahun 2040, kehadirannya tetap akan dibutuhkan sebagai sarana informasi alternatif selain digital.

Berikut adalah 9 jenis media cetak yang berkembang di masyarakat.

Koran
Dapat dikatakan apabila koran merupakan sebuah sarana penting dari komunikasi massa dimana media ini dapat meraih setiap sudut daerah dimana media elektronik tidak dapat mencapainya. Koran memainkan peranan penting sebagai penyedia informasi pertama, membangun opini, memperbarui pengetahuan para pembaca, dan menyediakan sarana promosi bagi para penyedia produk.

Majalah
Majalah merupakan salah satu jenis yang populer dari media cetak. Isi majalah biasanya dibedakan atau disesuaikan dengan tipe dari para pembaca yang menjadi targetnya. Seperti misalnya ada majalah khusus bisnis dan keuangan, majalah khusus wanita bekerja, majalah khusus gadis remaja, majalah khusus pria, majalah fashion, majalah travel, majalah tentang rumah dan dekorasi, dsb.

Booklet dan Brosur
Booklet dan brosur adalah bagian dari literatur promosi dari sebuah produk atau sebuah organisasi. Media cetak jenis ini memiliki dua tipe, yaitu:

  • Promosi pra-pembelian. Biasanya ada di mall dan toko, berupa literatur promosi yang gratis untuk semua dan biasanya berisi penawaran diskon atau paket-paket yang tampak ekonomis. Contohnya booklet gratis tentang kosmetik yang berisi informasi tentang produk, tren teranyar, keuntungan menggunakannya, warna-warna yang tersedia, kupon diskon, dsb. Hal tersebut dapat terbukti dapat mempengaruhi keputusan membeli para pembaca.
  • Promosi paska-pembelian. Booklet dan brosur ini biasanya diberikan dengan sebuah produk dengan tujuan pengalaman yang lebih baik bagi para pelanggan setelah membeli. Biasanya media ini diberikan bagi para pelanggan baru yang memberikan keterangan mengenai keuntungan menggunakan produk tersebut, petunjuk penggunaan, cara membersihkan dan menyimpannya serta gambar-gambar “how to” atau “bagaimana caranya”. Terkadang booklet ini disertai “penawaran yang lain”.

House Magazines (Majalah Internal), Periodical (Majalah Ilmiah), atau Newsletters (Nawala)
Beberapa organisasi kini menerbitkan beragam sarana seperti majalah internal, majalah ilmiah, atau nawala untuk menjaga para pemangku kepentingan mempublikasikan berita-berita yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya majalah internal berisi data tentang pencapaian perusahaan, kegiatan para pegawai, dan informasi tentang penawaran.

Surat Langsung
Dikenal juga dengan istilah “direct mailers”, adalah pamflet kecil yang berfungsi sebagai alat dalam pemasaran dan iklan langsung. Biasanya surat-surat ini datang lewat pos. Langkah ini dinilai lebih murah daripada iklan dengan pamphlet banyak yang disebar di jalanan. Kebanyakan berisi iklan yang berwarna, kupon diskon dan hadiah, penawaran kartu kredit pra-disetujui, kendaraan, makelar, dan promosi politik.

Handbill atau Flyer (Sebaran atau Edaran)
Sebaran atau edaran merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dicetak pada kertas berukuran kecil. Media cetak jenis ini memiliki ciri mudah dibawa, berwarna-warni, atraktif, dan mudah dibaca. Biasanya disebar pada orang-orang yang lalu lalang di jalanan.

Billboard
Billboard merupakan iklan yang sangat besar yang diletakan di lokasi strategis dengan ketinggian yang dapat menarik perhatian. Biasanya para pembaca tertarik dengan warnanya yang tajam dan tebal, kata-kata yang menarik perhatian, kreatifitas, desain, efek special, dsb. Awalnya billboard merupakan lukisan tangan di atas papan yang sangat besar, namun kini sudah dicetak di atas kertas yang sangat besar. Belakangan billboard dilengkapi dengan lampu neon, berupa video dan grafis. Beberapa billboard disebut bulletin.

Press Rilis
Sebuah press rilis merupakan alat yang penting dalam komunikasi karena dibutuhkan komunikasi yang relevan langsung kepada press. Jenis ini merupakan nota press yang dicetak dalam bentuk cetak, fax, surat, atau CD kepada para anggota press. Biasanya media cetak ini dikeluarkan oleh pemerintah, organisasi, LSM, outlet retail, rumah desain, selebritis, dsb. yang ingin membuat pengumuman berita.

Buku
Media cetak yang terakhir adalah buku. Buku merupakan media yang signifikan dari komunikasi massa sebagaimana jenis ini memiliki basis pembaca yang luas. Ekspresi dan opini penulis dibawa kepada para pembaca dalam bentuk sebuah susunan buku. Jenis media ini sangat populer di awal kemunculannya dan mulai tergantikan peranannya seiring dengan munculnya bioskop, tv, radio, dan akses internet. Namun bagi para pecinta dan kolektornya, buku sangat berharga.

Seiring dengan perkembangan teknologi tidak dipungkiri kepopuleran 9 jenis media cetak ini di masyarakat akan tergantikan. Tingginya harga kertas dan tinta serta bahan baku awal kertas yaitu pohon yang keberadaannya semakin memprihatinkan mau tidak mau mendesak keberadaan media massa jenis ini. Meskipun begitu, media cetak tidak akan mudah tergantikan begitu saja apalagi bagi orang-orang yang di daerahnya belum ada akses internet dan listrik.
OFFICE : RUKO ROYAL CASABLANCA R2 CIPAMOKOLAN KELURAHAN CIPAMOKOLAN KECAMATAN RANCASARI BANDUNG
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin
My Ping in TotalPing.com